Membuat Ritual Berangkat Kerja Lebih Menyenangkan

Sabtu, 22 Agustus 2015 - 10:28 WIB
Membuat Ritual Berangkat Kerja Lebih Menyenangkan
Membuat Ritual Berangkat Kerja Lebih Menyenangkan
A A A
Pagi Anda terasa begitu merepotkan, terlebih ketika di perjalanan menuju ke kantor? Anda tak sendiri. Sebagian besar orang mengalaminya. Entah itu menggunakan fasilitas umum seperti kereta commuterline, bus, dan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Menurut Biro Sensus Amerika Serikat, perjalanan waktu untuk pekerjaan memakan waktu sekitar 26,1 menit. Itu di luar macet dan gangguan perjalanan lainnya. Bagaimana di Tanah Air, terutama di Jakarta? Tentu waktunya jadi bisa bertambah berkali lipat mengingat kemacetan dan gangguan kereta seperti penundaan dan masalah sinyal. Dilansir The Muse, ada enam cara hasil penelitian yang akan membuat perjalanan Anda ke kantor menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Ambil jarak yang lebih panjang

Alih-alih menetap di rute tercepat dari poin A ke poin B sama seperti yang dilakukan banyak orang, Anda bisa mencoba hal yang baru. Yakni memperpanjang perjalanan Anda untuk mengambil jalan yang jarang dilalui untuk mengurangi stres pada jam sibuk. Penelitian menunjukkan, menghapus perasaan ketidakpastian yang berasal dari jadwal angkutan umum yang kerap molor selama perjalanan bisa mengurangi stres. Ini bisa membuat Anda lebih bahagia pada pagi hari.

Pilih moda transportasi yang membuat bahagia

Apakah Anda ke kantor mengendarai mobil pribadi, bus, atau kereta? Universitas McGill menemukan bahwa tidak semua moda transportasi ini sama. Beberapa membuat kita merasa lebih nyaman. Sementara beberapa terasa menyebalkan.

Melalui survei komuter di enam jenis transportasi, peneliti menemukan bahwa pejalan kaki, orang naik kereta, dan pengendara sepeda dinilai memiliki perjalanan yang lebih menyenangkan ketimbang mereka yang menggunakan mobil dan bus. Para peneliti tidak tahu pasti mengapa kereta misalnya, lebih menyenangkan daripada bus.

Ubah perjalanan menjadi ‘Me Time’

Mengubah sikap Anda tentang waktu perjalanan benar-benar dapat membuat Anda lebih baik. Kuncinya adalah mengubah perjalanan yang menjadi waktu pribadi yang tidak terganggu dan melakukan kegiatan rekreasi yang Anda sukai. Peneliti UC Irvine memberikan contoh membaca buku atau mendengar lagu kesukaan atau merajut syal saat di kereta.

Tambahkan latihan atau olahraga

Menurut laporan Universitas Vermont, model transportasi seperti berjalan kaki atau bersepeda dapat meningkatkan kesehatan mental dan fisik Anda. Jika Anda melakukan hal ini menuju ke tempat beraktivitas seperti bekerja, Anda bisa memiliki waktu lebih, diambil dari jatah waktu olahraga Anda yang semestinya.

Persiapan pada malam hari

Pastikan Anda sudah melakukan persiapan pada malam hari. Dengan demikian, Anda tidak perlu berlari-lari tergesa-gesa. Mulai dari tas, baju, hingga sepatu yang akan dipakai, kosmetik yang akan dibawa, dokumen penting hingga bekal makanan. Jangan lupa tidur yang cukup delapan hingga sembilan jam. Karena para komuter ini rentan kurang tidur.

Rencanakan rute perjalanan Anda

Ini bisa jadi menyangkut teknologi. Untuk memudahkan dan menghindari Anda dari sakit kepala akibat jalur yang padat dan macet, ada baiknya Anda menggunakan berbagai aplikasi peta digital dan terkini. Misalkan Waze, aplikasi gratis di iTunes, GPS, dan berbagai sumber media sosial untuk semua hal yang berhubungan dengan lalu lintas.

Susi Susanti
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5104 seconds (0.1#10.140)